Big Bad Wolf Book Sale Surabaya 2016

by - November 08, 2016


Setelah bulan April-Mei lalu diadakan untuk pertama kalinya di Jakarta, Big Bad Wolf melebarkan daerah kekuasaannya ke Surabaya! Aku yang sebelumnya cuma bisa mupeng melihat review orang-orang yang datang ke Big Bad Wolf Book Sale Jakarta, akhirnya bisa ikut bahagia juga karena acara yang wajib dikunjungi pecinta buku ini akhirnya mampir ke Surabaya juga.

Buat yang belum tau Big Bad Wolf Book Sale ini event apaan sih dan kenapa rame banget (ya walaupun gak serame kalo ada boyben Koriya yang konser disini sih), ini adalah event diskonan buku gede-gedean. Event ini berasal dari Malaysia, dan juga awalnya diadakan di KL, Malaysia. Diskon bukunya sekitar 60-80% dan bukunya buku baru ya bukan buku bekas. Dengan diskon semacam itu, siapa sih yang nggak kalap? As for me, beli buku dengan diskon normal sekitar 10-20%, atau bahkan tanpa diskon aja, uang ratusan ribu bisa ludes, lah gimana mau kuat iman dengan diskonan yang lebih dari separuh harga begini :))

Suasana jam 5.30 pagi di BBW Surabaya

Big Bad Wolf Book Surabaya didakan di JX International Expo, di Jl. Ahmad Yani Surabaya. Venue ini ternyata sekitar 1.5-2x lebih luas jika dibandingkan dengan venue Jakarta yaitu ICE BSD. Event dimulai dengan Preview Sale tanggal 19 Oktober 2016 yang berlangsung dari pukul 09.00-23.00. Setelah itu, esok harinya tanggal 20 Oktober 2016 dimulai pukul 09.00 dan dibuka 24 jam non-stop setiap hari sampai tanggal 31 Oktober pukul 23.00. Karena itu, banyak yang menyarankan untuk berkunjung pada dini hari hingga menjelang matahari terbit karena akan lebih nyaman menyisir tiap-tiap baris buku tanpa takut berdesakan dengan pengunjung lain seperti jika pada jam-jam ramai.

Untuk koleksi buku yang ada di BBW Surabaya sepertinya masih kalah menarik jika dibandingkan dengan koleksi BBW Jakarta. Sebelumnya, aku sempat meminta review kepada Hestia yang datang ke BBW Jakarta mengenai buku apa saja yang sekiranya akan ada di event ini. Namun ternyata perkiraanku dan Hestia meleset lumayan jauh. Jika di BBW Jakarta buku-buku yang terhitung baru dan masih nangkring di toko buku impor seperti buku karangan John Green dan Morgan Matson masih bisa ditemukan dalam jumlah terbatas, di BBW Surabaya aku malah tidak bisa menemukan satupun buku karangan mereka. Hanya ada buku karangan Rainbow Rowell dan itupun hanya satu judul buku saja.


Yang banyak ditemukan di BBW Surabaya adalah boxset Trilogi The Hunger Games edisi UK, boxset The Maze Runner, dan juga buku-buku klasik semacam buku karya Shakespeare dan Edgar Allan Poe dan sepertinya buku anak-anak lah yang paling mendominasi. Untuk harga buku bervariasi mulai dari 30 ribu hingga ratusan ribu untuk buku-buku hardcover dengan kertas glossy dan bergambar macam buku fotografi. Tapi untuk buku-buku fiksi kebanyakan dibanderol dengan harga 60-70 ribu saja setiap buku.

Bahkan untuk buku-buku fiksi hardcover, banyak sekali yang dijual dengan harga 70-95 ribu saja. Kalau di toko buku biasa sih harganya bisa mencapai ratusan ribu untuk satu buku. Beruntung sekali kalian yang datang di hari pertama, karena banyak buku yang bagus dan susunannya masih rapi. Aku berkesempatan datang di hari pertama dan banyak mendapatkan judul-judul yang lumayan bagus. Tetapi ketika kembali kesana empat hari kemudian, sudah banyak judul yang habis seperti buku-buku Jojo Moyes dan Rainbow Rowell, juga JRR Tolkien.

Gerbang masuk menuju Bookworm's heaven on earth
Aku sendiri berkesempatan untuk datang pada saat Preview Sale, sehari sebelum acara resmi dibuka. Begitu masuk ke area pameran, aku benar-benar dibuat menganga dengan luasnya hall yang penuh dengan buku-buku. This is truly a heaven on earth for bookworm like me. Ohiya, demi kenyamanan belanja di BBW, disediakan troli untuk menampung buku-buku belanjaan. Prinsip belanja di BBW adalah ambil dulu, sortir kemudian. Jadi jika menemukan buku yang bagus atau sekiranya ingin dibeli, maka masukkan saja dulu ke dalam troli. Nanti ketika sudah puas dan lelah berkeliling, barulah sortir buku mana saja yang benar-benar akan dibawa pulang.

unsorted books. Edgar Allan Poe hardcover hanya 95 ribu!

 Belanjaan waktu Preview Sale. Sebagian ada yg titipan temen juga

Di Preview Sale aku menghabiskan hampir separuh gajiku untuk memborong buku (iya, gak salah baca kok). Belasan buku kubawa pulang sampai-sampai ransel yang kubawa tidak muat untuk menampung semua buku belanjaanku. Untung aku membawa shopping bag cadangan jadi tidak bingung membawa sisa bukunya. Sebenarnya banyak orang yang sampai membawa koper untuk membawa buku belanjaannya (niat abis kan). Tapi aku memutuskan untuk hanya membawa ransel karena bisa-bisa aku tidak jajan dan beli bensin karena uangnya habis dipakai beli buku kalau ikutan bawa koper juga :))

Fyi, aku nggak cuma sekali atau dua kali aja dateng ke BBW tapi sampai 3 kali karena ada teman-teman yang minta aku menemani mereka *modus* :)) dan dari semua kunjunganku itu aku selalu bawa pulang dua sampai tiga buku lagi karena kebetulan sudah gajian :)). Pokoknya nggak bisa keluar area pameran tanpa bawa kantong belanjaan berisi buku :))

Sehari menjelang ditutupnya event ini, aku berkesempatan datang kesana lagi karena ada yang minta ditemenin kesana. Wah, ya jelas nggak nolak dong! :D Kali ini banyak judul-judul terkenal yang stoknya sudah mulai menipis bahkan habis. Buku-buku Mitch Albom yang sebelumnya ada beberapa judul hanya tersisa satu judul saja. Sherlock Holmes yang termasuk di genre Classic Literature juga tinggal dua judul. Buku-buku Jojo Moyes bahkan sudah tidak ada jejaknya. Menjelang penutupan, ada promo Buy 20 Get 5 books dari panitia. Mungkin ini strategi biar bukunya cepet abis ya haha. Kesempatan emas ini tentu saja nggak boleh dilewatkan sama sekali. Aku dan teman-temanku langsung kalap mengumpulkan buku-buku sampai total belanjaan kami berjumlah 25 buku bahkan lebih dan harus disortir.

belanjaan selama 3x ke BBW Surabaya

Overall, event Big Bad Wolf Book Sale Surabaya ini cukup bikin puas (dan bikin kere). Ada area semacam food court juga di dalem hall jadi ga perlu takut kelaparan atau dehidrasi waktu muterin hall pameran. Kasirnya juga banyak jadi lumayan mengurangi antrian. Walaupun koleksi bukunya nggak sebagus dan sebanyak di Jakarta atau Malaysia, tapi tetep kok, event ini worth to visit.  Well, event diskonan buku yang langka begini memang nggak boleh dilewatkan buat para bookworms. Kapan lagi banyak buku-buku bagus yang dijual dengan harga semurah ini. Lumayan sekali kan buat menambah koleksi bacaan di rumah. Aku sampe bela-belain menahan diri nggak jajan macem-macem dan nabung selama dua bulan cuma biar bisa puas belanja disini tanpa memikirkan uang hahaha. Semoga event ini bisa diadakan tiap tahun dengan diskon dan koleksi buku yang lebih wow lagi.

Dan semoga, untuk event BBW selanjutnya aku bisa mengunjungi BBW KL yang konon koleksi bukunya jauh lebih wow daripada Jakarta dan Surabaya. Anyone? :))

You May Also Like

0 comments